WOW-di-#SmescoNV

Disgiovery.com

SMESCO Netizen Vaganza alias #SMescoNV memang belum hilang gaungnya sejak dihelat pada penghujung September 2015 [baca: Ada Apa di Smesco Netizen Vaganza 2015].  Apalagi masih ada kompetisi menulis blog bertema ‘Local Brand Lebih Keren’ yang digelar selama kurang lebih sebulan dimana puncak acaranya adalah pengumuman pemenang pada 24-25 Oktober 2015 kemarin.

Apa saja yang spesial di acara puncak #SmescoNV?

Galeri Indonesia WOW

Selain Galeri UKM & Paviliun Provinsi, Smesco kini juga sudah membuka Galeri Indonesia WOW (atau disebut GIW).  Galeri yang bikin WOW bahkan sejak kali pertama pengunjung menapakkan kaki di lobi.  Sebuah karya seni mural setinggi dua lantai sungguh menarik perhatian.

GIW tidak hanya menampilkan produk UKM pilihan dengan penataan ala butik ternama, tapi juga menyediakan ruang pelatihan hingga ruang pertemuan.  Industri yang terdapat di GIW di antaranya pasar barang seni, seni kerajinan, desain, fashion, video, film, fotografi, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, kuliner dan musik. Beberapa pusat industri ternama diajak untuk membantu Galeri ini dan memberikan pembinaan, di antaranya ialah Martha Tilaar dan Indonesia Fashion Week.

Jadi di acara #SmescoNV kemarin, pengunjung diajak masuk melalui GIW dan menyaksikan sendiri betapa WOW karya anak bangsa.

WOW-GIW1 WOW-GIW2 WOW-GIW3

Coaching Clinic Fotografi

Promosi produk-produk UKM seperti di Smesco ini tentu tak bisa lepas dari teknis fotografi. Itulah mengapa mbak Raiyani Muharramah kembali diboyong untuk memberi pelatihan singkat teknis memotret produk alias still life photography. Tak tanggung-tanggung, mas Ditto Birawa pun turut hadir untuk memberi pelatihan basic lighting photography lengkap dengan sesi praktek menggunakan lighting set dan table top.

Peserta diberi kesempatan memotret produk-produk UKM pilihan yang ada di Paviliun Provinsi lantai 12 & 15. Sudah bisa ditebak, paviliun Papua tetap jadi favorit terutama karena ada pilihan koteka berbagai bentuk dan ukuran.  Mas Ditto sendiri sempat memberi contoh bagaimana menggunakan koteka pencahayaan yang tepat untuk menggambarkan benda silindris seperti koteka. Intinya kita harus memberi dimensi pada foto seperti bayang-bayang gelap di salah satu sisi atau mungkin kilatan cahaya.

WOW-photo-3WOW-photo-2WOW-photo-1

Bincang Asyik dengan Direksi

Kapan lagi ada kesempatan tatap muka langsung dengan petinggi Smesco dalam sesi bincang santai. Presiden direktur Smesco sendiri yang naik ke podium untuk diwawancara, yakni bapak Ahmad Zabadi.  Beliau menjelaskan bagaimana Indonesia masih kekurangan entrepreneur sebagai indikator daya saing global. Hal inilah yang akhirnya menjadikan sebuah konsep untuk mengakomodasi para entrepreneur di dalam satu lokasi.

Smesco sendiri sudah bekerjasama dengan blibli.com untuk memasarkan produknya secara global. Anda juga bisa klik smescotrade.com untuk melihat katalog produk UKM yang dipasarkan.

WOW-talkshowWOW-talkshow-direksi

WOW, Inilah Sang Juara

Akhirnya tibalah puncak acara yakni pengumuman pemenang kompetisi #SmescoNV. Bukan hanya lomba menulis blog (juri oleh mas Teguh Sudarisman), tapi ada juga lomba foto produk (juri oleh mbak Raiyani & mas Ditto) hingga lomba foto selfie dan outfit of the day (OOTD) (juri oleh mbak Yeyen Nursjid).  Kebetulan dress code hari itu adalah ethnic casual.

Tak sangka peserta lomba ternyata melebihi perkiraan semula, terutama kompetisi menulis blog yang mencapai 76 artikel (dari target sekitar 50 saja). Namun sang juri, mas Teguh, merasa bahwa hanya ada sekitar 10 artikel saja yang layak dilombakan. Sepertinya pelatihan menulis masih banyak dibutuhkan ya mas, hehehe.

Pemenang utama lomba menulis blog adalah mbak Donna Imelda dengan tulisan berjudul Pelesiran Lebih Keren dengan Local Brand #SmescoNV. Silakan baca tulisannya untuk menyesap makna tema ‘Local Brand Lebih Keren’ yang sesungguhnya. Daftar lengkap pemenang silakan klik tautan ini.

WOW-photo-winnersWOW-winning-momentWOW-winners Jadi, sampai jumpa lagi di #SmescoNV tahun depan!

 

Disgiovery yours!

WOW-see-ya

WOW di #SmescoNV
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *