OLYMPUS DIGITAL CAMERA

WALE alias Warung Lela terletak di kawasan sejuk Dago Atas, Bandung, dan tersohor akan mie ayam dan mie yamin-nya. Kami terbiasa mampir ke Wale pada saat brunch, dimana rasa lapar biasanya sudah mulai mendera setelah perjalanan panjang dari Jakarta.

Walaupun namanya warung, tapi Wale malah lebih mirip bangunan kafe bernuansa etnis. Kontur berbukit membuat salah satu bangunan berada di atas dan satunya lagi menjorok ke lembah, dan cuma dipisahkan oleh sebuah jalan komplek perumahan. Bangunan atas Wale penuh pernak-pernik antik, sedangkan bangunan bawah yang menyatu dengan rumah punya pemandangan ke lembah.

Favorit kami adalah bangunan bawah, dimana sembari menunggu pesanan tiba, kita bisa melihat-lihat suasana sekitar yang sungguh terasa homey. Ada area ruang tamu dengan foto-foto keluarga. Perabot kayu nyaris mendominasi, dengan tiap ruangan dihias lampu-lampu gantung khas Jawa. Yang doyan window shopping pasti suka melihat display asesoris & pakaian batik yang terdapat di salah satu sudut.

Wale 08 Wale 09

Kembali ke meja ketika pesanan tiba. Mie ayam jamur tampak memenuhi mangkuk dan berasap dalam aroma. Mie-nya licin dan gurih, potongan daging ayamnya tebal, jamurnya besar. Bakso dan kuah terhidang dalam mangkuk kecil terpisah.

Ada pula mie yamin, sejenis mie ayam jamur dengan ekstra kecap. Ada mie yamin manis dan yamin asin, tinggal pilih sesuai selera. Ada pula mie ayam rica-rica dimana potongan daging ayamnya dibumbui pedas merah membara (meski kata teman saya rasa pedasnya ‘kurang nendang’).

Selain mie ayam dan mie yamin, ada pula side order lain seperti nasi tim dan sop buntut. Jangan lupakan pangsit gorengnya yang besar-besar dan garing, dicocol pakai sambel khas Wale. Mantap nian!

Wale 02 Wale 03 OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebenarnya banyak yang merekomendasikan untuk datang sore-sore ke Wale, barangkali supaya bisa menikmati senja berkabut ditemani mie ayam pedas panas. Overall, yang bikin istimewa makan di Wale adalah suasananya yang sejuk sehingga cocok buat kumpul seru rame-rame ataupun berdua sama si dia. Kalau soal cita rasa, semua kembali ke selera masing-masing. Tapi yang jelas, saya sih memang doyan balik lagi dan lagi ke Wale!

^^

Wale 07 Wale 10

Wale (Warung Lela)
Jl. Kupa No. 6 Rancakendal – Bandung
+62 22 250 1396

WaLe | Warung Lela Bandung
Tagged on:     

2 thoughts on “WaLe | Warung Lela Bandung

  • March 11 at 14:09
    Permalink

    warung lela enak mienya saya sudah coba, sebagai refrensi tambahan nih min yang saya rekomen saya orang bandung kalau mau makan mie yang enak di mie naripan bandung, itu enak sangat cobain deh pasti ketagihan, cek alamat dan menunya di http://www.mienaripan bandung

    Reply
    • March 11 at 22:14
      Permalink

      Sering dengar mie Naripan, tapi blm sempat cobain. Next time ke Bandung deh musti cicip, nuhun! #tekad

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *