sop buntut Mang Endang 01

SEBENARNYA sudah cukup lama mendengar tentang sop buntut Ma’ Emun yang legendaris tsb, namun baru pada kesempatan kemarin saya bisa mencicipi langsung hidangan ini.

Terletak di kawasan Air Mancur yang juga dikenal sebagai salah satu wilayah kuliner di kota Bogor, kami mendatangi kedai sop buntut Mang Endang yang merupakan cucu dari Ma’ Emun sendiri. Saat itu brunch time, namun pengunjung sudah lumayan ramai. Konon lewat jam makan siang kedai ini sudah tutup karena sudah kehabisan stok.

Tak lama pesanan kami pun datang. Mari makan!

sop buntut Mang Endang 02 sop buntut Mang Endang 03

Semangkuk sop buntut Mang Endang terdiri atas 2-3 potong besar potongan buntut sapi berwarna kemerahan, rasanya sungguh beefy alias ‘daging banget’ dengan bumbu meresap, empuk dan mudah lepas dari tulangnya. Berbeda dari pengalaman buntut sapi di tempat lain dimana saya harus berjuang melepaskan daging dari tulangnya.

Kuah kaldunya bening dan yang penting bebas lemak, saya suka! Sayuran pendamping berupa potongan kentang dan wortel pun sungguhlah renyah. Entah karena lapar atau memang rasanya yang nikmat, kami begitu cepat menghabiskan porsi sop buntut masing-masing. Mau tambah lagi tapi kok rasanya nanggung. Bisa tambah setengah porsi gak ya?

^^
sop buntut Mang Endang 04

Sop Buntut Mang Endang (Incu Ma’ Emun)

Jl. Sudirman No. 60 Air Mancur, Bogor
Telp: 0251-8379635

Sop Buntut Mang Endang (Incu Ma’ Emun)
Tagged on:     

2 thoughts on “Sop Buntut Mang Endang (Incu Ma’ Emun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *