sawarna little hula hula

Disgiovery.com

PONDOK kayu di tepi sawah. Sawah menguning di sisi pantai. Pantai pasir putih berombak besar. Ombak besar di laut biru. Biru langit menaungi pondok kayu. Pondok kayu di tepi sawah. Ulangi.

Sepertinya alam permai seperti Sawarna di pesisir laut selatan Banten ini membuat pengunjung tak ingin beranjak kemanapun selain duduk-duduk di saung atau leyeh-leyeh di tepi pantai. Siklus yang takkan bikin bosan. Tapi memang seperti itulah ritme yang dicari tatkala berlibur. Tidur, makan, santai, pantai, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

little hula hula pondok tepi sawah

Little Hula-Hula Cottage & Cafe

Setelah menempuh perjalanan berjam-jam dari Bogor, akhirnya Sawarna tercapai jua. Badan pegal langsung dibugarkan dengan peregangan tubuh begitu turun dari mobil. Udara pantai yang sejuk terasa bagai stimulan. Segar! Kami tiba di sebuah pekarangan luas berumput. Beberapa pondok kayu dibangun terpisah dalam komplek-komplek kecil. Little Hula-Hula cottage & cafe nama tempat ini.

Walau terletak di sisi jalan utama di Sawarna, namun suasana siang itu sungguh sepi. Hanya ada satu dua kendaraan melintas, selebihnya lengang. Yang terdengar hanya gemerisik nyiur dan samar debur ombak. Ah, rasanya permai sekali. Apalagi ternyata pondok tempat kami menginap terletak tepat di sisi sawah yang tengah menguning, dengan latar belakang perbukitan. Ini sungguh bayangan ideal saya tentang pondok kayu di tepi sawah di pesisir pantai.

little hula hula papan namalittle-hula-hula-pondok

Pondok Kayu di Tepi Sawah

Satu pondok yang kami tempati berukuran sekitar 4×8 meter persegi. Terdiri atas teras kecil dengan sepasang kursi kayu, lalu kamar tidur dengan 2 buah ranjang besar (bisa ditempati total sekitar 4-6 orang/pondok). Tiap kamar tidur sudah dilengkap unit pendingin udara, satu set TV dan pemutar DVD, dan lemari besar. Kamar mandi di bagian belakang pondok sudah bertembok semen dengan lantai dan dinding keramik. Kamar mandi dilengkapi shower, keran untuk wudhu, dan toilet duduk.

Tapi kegiatan favorit kami di Little Hula-Hula adalah berkumpul di gazebo alias saung depan pondok. Lepas alas kaki, naik ke atas saung, duduk bersila, menikmati teh/kopi dan kudapan singkong/ubi rebus, menatap sawah luas terhampar di depan mata, diiringi kicau burung. Kebetulan teman kami yang bela-belain datang dari Pekanbaru membawa beberapa kotak pancake durian. Maka lahaplah sudah kami santap pancake lembut tsb, belum lagi aroma durian yang harum bikin mata saya terpejam menikmatinya. Senda gurau dan gelak tawa bagai tak habis-habisnya. Lalu sekarang jadi terpikir kenapa kami tidak mencari buah durian segar selama di sana ya?

little hula hula bedroomlittle hula hula bedroom bathroom

Karena Makan Adalah Dimanapun

Jika menginap di Little Hula-Hula, tamu bisa meminta paket makan yang sudah termasuk biaya makan pagi, makan siang, makan malam. Dimasak langsung menjelang waktu makan oleh juru masak cottage. Semua menu menggunakan bahan-bahan segar dari hasil alam setempat. Menu yang dihidangkan pun bisa dikompromikan dengan selera tamu. Kebetulan ketika dalam perjalanan ke Sawarna kami memang sempat membeli sendiri cumi segar yang dibeli di dekat tempat pelelangan ikan, lalu meminta juru masak Little Hula-Hula untuk mengolahnya. Tidakkah ini istimewa?

Makan siang kami terdiri atas nasi putih, sayur asem, ikan goreng, calamari alias cumi goreng tepung, tempe goreng, irisan ketimun, dan sambal terasi. Makan malam terdiri atas nasi putih, ikan bakar, cumi saus tiram, tumis buncis, tahu goreng, sambal kecap dan sambal terasi. Menu juara! Sebagai pencuci mulut tersedia potongan besar pepaya segar. Dan pancake durian pastinya, hahaha! Anehnya saya malah lupa apa yang dihidangkan sebagai menu sarapan. Sepertinya nasi goreng dan telur ceplok, setelah sebelumnya disajikan teh/kopi panas dan rebus-rebusan.

little hula hula menu lunchlittle hula hula menu dinner

Atraksi Menarik di Sawarna

Tepat di pekarangan depan Little Hula-Hula terpampang sebuah papan informasi besar yang mencantumkan atraksi wisata apa saja yang terdapat di Sawarna. Jadi jika bosan leyeh-leyeh saja di pondok atau saung, kita juga bisa berkunjung ke banyak destinasi menarik di wilayah ini seperti yang tertera di sana. Sebut di antaranya Tanjung Layar (karang besar yang tampaknya menjadi foto ikonik Sawarna), Karang Taraje (ombak besar yang menabrak dinding karang sungguh membuat saya terpukau), Gua Langir (dengan seribu kisah persembunyian harta karun), atau berenang-renang di pantai Pasir Putih (Pantai Ciantir). Pada musim tertentu terdapat ritual adat seperti ‘ngimpun‘ di muara sungai, yakni menangkapi ikan-ikan kecil seperti teri yang disebut impun, lalu dimasak dan disantap bersama.

Beberapa akses menuju atraksi tsb terkadang hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau menaiki ojek motor. Tamu bisa meminta pihak cottage untuk memanggil tukang ojek motor yang sekiranya bisa dijadikan pemandu pribadi. Para tukang ojek motor di sini sudah tergabung dalam satu komunitas sehingga tamu tak perlu kuatir akan kena harga tembak. Harga borongan ke beberapa destinasi tentu bakal lebih murah ketimbang harga sewa per satu atraksi. Selamat menikmati Sawarna!

sawarna karang taraje sawarna ngimpun

Little Hula-Hula Cottage & Cafe
081646992036 / 087771133879

 

Disgiovery yours!

little hula hula gazebo

Sawarna’s Little Getaway at Little Hula-Hula
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *