NuArt (1)

Nyoman Nuarta, siapa tak kenal namanya? Seniman asal Bali yang tersohor akan keahliannya mematung. Satu karyanya yang fenomenal (namun sayangnya belum rampung hingga kini karena kendala dana) adalah monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

NuArt Scuplture Park adalah galeri sekaligus workshop sang seniman yang terletak di kawasan Sarijadi di Bandung. Tak saya tak sangka jika Nyoman Nuarta ternyata memilih tinggal di tanah Pasundan yang sejuk.  Galeri yang dibuka sejak tahun 2000 ini menampilkan karya-karya seni terbaik sang seniman yang diletakkan secara acak di segala penjuru, di dalam ataupun luar ruangan. Luasnya sekitar 3 hektar, jadi siapkan stamina untuk mengelilinginya.

NuArt (2) NuArt (3) NuArt (4)

Sayangnya kami malah datang kesorean (lewat dari pukul 5 sore) sehingga cuma bisa mengelilingi tamannya saja. Tapi itupun sudah cukup membuat decak kagum karena terdapat banyak patung-patung atau prototipe tak lazim namun ‘nyeni’. Ciri khas Nyoman Nuarta sendiri adalah membuat patung dari tembaga dan kuningan, dengan bentukan yang nyaris abstrak.  Sementara ciri khas kami adalah bereksplorasi di depan kamera dengan segala bentukan seni tsb. Niscaya Nyoman Nuarta bakal mengurut dada haru sekaligus prihatin melihat kreativitas kami berfoto-foto di tamannya.

Akibat datang terlambat, kami tak mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam bangunan 2 lantai yang sekaligus menjadi landmark dari NuArt Sculpture Park ini. Lantai 1 khusus memamerkan karya sang seniman, sementara lantai 2 dapat dipakai pameran oleh artis lain. Ada juga N Cafe dimana pengunjung dapat duduk rehat sambil menikmati hidangan khas Bali: Balinese Crispy Duck and Nasi Campur. Ada pula Craft Boutique yang menjual miniatur karya Nyoman Nuarta dan seniman lainnya.

NuArt (5) NuArt (6)

Selain itu masih ada Workshop dimana pengunjung bisa melihat proses pembuatan karya seni sang seniman. Bagi yang tertarik belajar, ada pula kursus singkat mematung, melukis, membatik, dan lainnya. Tinggal hubungi staf NuArt saja untuk informasi lebih lanjut.

Lain kali, saya harus datang awal supaya bisa lebih puas menjelajahi NuArt Sculpture Park.

^^

NuArt (7)

NuArt (9)

NuArt Sculpture Park
Jl. Sutra Duta Kencana II/11,
Bandung 40151
Telp: +62 22 201 7812/7816
buka setiap hari pukul 09.00-17.00
www.nuarta.com/park.htm

NuArt Sculpture Park Bandung
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *