hotel-di-pangandaran

Disgiovery.com

PANTAI Kuala Cut Lampu’uk di Aceh hingga pantai Fimo’ok di pulau Rote sudah disambangi. Tapi pantai Pangandaran di selatan Jawa Barat malah belum sekalipun didatangi. Padahal hidupnya sebagian besar dihabiskan di tanah Pasundan. Siapa sih orang itu?

Dalam tubuhnya mengalir gen laut selatan. Tiap tahun ia kembali ke tempat leluhur, menyapa ombak Samudera Hindia yang bergulung-gulung di sepanjang pesisir Pelabuhan Ratu. Tentu sudah lama ia mendengar nama Pangandaran, namun baginya melihat ombak besar pantai selatan sudah cukup terwakili di Pelabuhan Ratu.

Tapi beberapa tahun terakhir nama Pangandaran mulai menyeruak. Seorang sepupu kerap berselancar di sana dan mengajaknya turut serta meski belum sekalipun terlaksana. Ajakan terakhir dari sang sepupu malah lebih menantang, sanggupkah ia merancang itinerary perjalanan di Pangandaran? Tentu harus sudah termasuk tempat wisata, transportasi, hingga akomodasi hotel di Pangandaran.

Paling rumit tentu memilih akomodasi yang cocok. Persyaratan kali ini harus jelas: aman dan nyaman. Ia tahu sang sepupu punya hobi motret dengan kamera dan lensa-lensa yang segede gaban. Tentu ia tak bisa sembarang memilih penginapan buat mereka nanti, setidaknya harus yang sudah jelas tingkat keamanannya.

Sang sepupu sendiri dengan senang hati memberi sedikit panduan memilih hotel di Pangandaran baik secara online ataupun go-show di lapangan.

Tips memilih hotel di Pangandaran antara lain:

Pilih lokasi dekat pantai, entah di sisi timur atau barat. Pangandaran berbentuk tanjung besar yang menjorok sehingga wisatawan bisa memilih mau mendapatkan sunrise view di pantai timur atau sunset view di pantai barat.

Akses ke pantai ataupun cagar alam Pangandaran tidak terlalu jauh.

Kemampuan berbahasa Sunda adalah nilai lebih. Biasanya berguna di lapangan terutama untuk membuka percakapan, mendapat kemudahan akses, ataupun mendapat potongan harga, baik itu penginapan, rumah makan, dll.

Jika ingin surfing selain di Pangandaran maka alternatif penginapan ada pula di wilayah Batu Karas.

Hari-hari besar atau libur sebaiknya diantisipasi dengan mencari penginapan dari jauh hari.

disgiovery
Memilih hotel tak ubahnya membidik gambar. Diperlukan kejelian dan momen yang tepat!

Wejangan dari sepupu sudah didapat, kini saatnya ia bergerilya online mencari hotel di Pangandaran. Sebagaimana ia terbiasa mencari tiket pesawat via Traveloka, tentu pencarian hotel via situs yang sama takkan mengecewakan.

Beberapa kriteria pencarian hotel yang bisa dijadikan panduan:

Free wifi. Penting bagi mereka yang bekerja secara mobile, sekaligus demi eksistensi media sosial.

Free breakfast. Penting demi asupan energi untuk kegiatan sepanjang hari.

Kamar tidur dengan power outlet lebih dari satu. Gawai yang dibawa generasi netizen kekinian: ponsel, power bank, tablet, laptop, kamera minimal dua buah (action-cam dan mirrorless/DSLR). Semuanya membutuhkan asupan listrik setiap hari.

Kamar mandi yang bersih dan kering. Faktor higienis tentu berperan penting. Pastikan airnya segar (bukan payau).

Swimming pool is a plus. Bukan syarat utama, tapi jadi salah satu faktor. Lebih beruntung lagi kalau dapat infinity pool.

Parkir luas dan dijaga petugas keamanan. Memang hanya hati kamu saja yang perlu dijaga?

Last but not least: online booking yang mudah! Detail dan harga sudah tertera jelas, dengan sekali klik tinggal booking kapanpun dimanapun. Masih ada yang ingin ditanyakan? Tinggal hubungi nomor kontak yang tercantum.

hotel-di-pangandaran-pool

Semoga rencana yang disusun bersama sang sepupu dapat terlaksana.

Kalian juga bisa mengikuti panduan di atas sebagai acuan dalam memilih hotel, baik di Pangandaran pada khususnya atau dimanapun pada umumnya. Atau ada yang mau menambahkan tips?

 

Disgiovery yours!

 

credits: Property photos taken from Traveloka

Tips Memilih Hotel di Pangandaran
Tagged on:         

4 thoughts on “Tips Memilih Hotel di Pangandaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *