festival pesona selat lembeh 2016

Disgiovery.com

SALAM Sejahtera!
Assalamu’alaikum!
Shalom!

Demikian salam sapa yang kerap saya dengar selama acara Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL 2016) di kota Bitung, Sulawesi Utara, 6 s/d 10 Oktober 2016. Toleransi antar umat beragama memang terasa kental di sini, sesuatu yang menyentuh saya. Bukan lagi bagian dari umat mayoritas, saya adalah bagian dari keberagaman dan kebersamaan. Sepertinya inilah makna Bhinneka Tunggal Ika yang sebenarnya.

Di luar dugaan saya, Festival Pesona Selat Lembeh 2016 kali ini terwujud oleh kolaborasi antar dinas, jadi tidak dimonopoli oleh satu kantor dinas saja. Masyarakat dari berbagai kalangan pun gotong royong menyukseskan acara. Sejak awal acara dihelat, mereka semua berbondong-bondong turun ke jalan, baik sebagai penonton ataupun pengisi acara. Salut saya untuk bapak walikota Bitung, Max J. Lomban, dinas & instansi terkait, panitia acara, dan seluruh warga Bitung tentunya.

festival pesona selat lembeh entrance gate

Pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh

Selat Lembeh punya pesona, Indonesia punya bangga. Sudah lama Selat Lembeh yang menjadi bagian dari Bitung ini menjadi daya tarik wisata khususnya scuba diving. Tapi nama Bitung sendiri masih kalah populer dibandingkan Manado. Tiap mendengar ada teman hendak diving di selat Lembeh, saya selalu mengira wilayah itu berada di seputar Manado.

Padahal Bitung adalah Bitung. Festival Pesona Selat Lembeh digelar demi mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Bitung dan sekitarnya sehingga bisa menjadi salah satu ikon wisata Sulawesi Utara khususnya. Beruntunglah saya dan teman-teman mendapat kesempatan hadir di acara pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh pada 6 Oktober 2016 lalu. Acaranya sungguhlah m-e-r-i-a-h!

festival pesona selat lembeh partisipanfestival pesona selat lembeh kostumfestival pesona selat lembeh marching band

Tampaknya baru kali ini saya menyaksikan nyonya dan nona yang berdandan cantik berseliweran menuju acara festival. Nyonya berambut sasak dan nona berambut panjang. Seluruh rakyat berjalan bersama menuju dermaga. Derap marching band bergema. Perahu-perahu nelayan sudah berhias. Dentum musik mengiringi orang-orang berjoget. Gadis-gadis pelajar bahkan kompak menari di atas perahu yang bergerak mengarungi selat. Desis dan asap keluar dari tenda-tenda kuliner (must try: sashima alias sashimi tuna ala Bitung). Ini adalah pesta rakyat yang sebenarnya.

festival pesona selat lembeh wisata kulinerfestival pesona selat lembeh pakura hias festival pesona selat lembeh perahu hias

Acara Puncak FPSL 2016: Warna-Warni Pesona Bitung

“Salam 35!”
“Bitung Bahari Berseri! Yes-yes-yes!”

Acara puncak Festival Pesona Selat Lembeh digelar pada 8 Oktober 2016 berupa penampilan panggung kolosal bertema Warna-Warni Pesona Bitung. Tersebutlah Panca Pesona alias 5 daya tarik unggulan Bitung yakni Pesona Bahari, Pesona Flora, Pesona Fauna, Pesona Industri, dan Pesona Sejarah-Budaya-Religi. Salam 35 menjadi jargon utama yakni Bitung Bahari Berseri bersama Panca Pesona itu tadi.

venue instalasi seni

Acara yang digelar selepas senja ini penuh disesaki penonton. Mengambil tempat di halaman luas pelabuhan Aertembaga, berdirilah panggung besar bernuansa bambu dan kain putih namun pada pergelaran acaranya menjelma megah oleh permainan cahaya dan video mapping. Tamu undangan mulai dari gubernur hingga pejabat pemerintahan turut hadir. Warga masyarakat menyemut di sekeliling panggung. Acara berupa pidato sambutan dan sejenisnya memang membosankan saya (kecuali pidato pak walikota yang penuh semangat dan tanpa teks), namun selebihnya sungguh menghibur.

Secara garis besar, pertunjukan malam ini mempresentasikan Warna-Warni Pesona Bitung. Saya paling suka nyanyian Masamper dan tarian Tangkap Cakalang. Masamper berasal dari budaya Sangihe, dan dilakukan dengan kompak oleh sekelompok pria yang menyanyi sembari membentuk formasi seperti baris berbaris. Bak menonton atraksi gospel. Sementara tarian Tangkap Cakalang mengambarkan aktivitas nelayan yang mencari ikan cakalang di laut. Sesederhana itu, namun para ikan cakalang yang diperagakan oleh penari-penari cantik sungguhlah sensual. Gerak-geriknya bahkan bikin kami bertepuk riuh.

tari masamper tari tangkap cakalangfestival pesona selat lembeh 2016

Walau acara puncak berakhir malam itu, namun agenda Festival Pesona Selat Lembeh masih terus berlangsung hingga 10 Oktober 2016. Beberapa acara dalam festival ini di antaranya adalah Colorful Bitung Run 10K, Underwater Coral Plantation, dan Karnaval Pating Hias dengan menggunakan barang bekas. Semoga cita-cita Bitung menjadi salah satu daya tarik wisata di Sulawesi Utara khususnya dan Indonesia umumnya menjadi nyata. Salam 35!

 

Disgiovery yours!

festival pesona selat lembeh bloggers
Ikuti pula: Jelajah Panca Pesona Wisata Bitung
Festival Pesona Selat Lembeh 2016 | Warna-Warni Pesona Bitung
Tagged on:             

14 thoughts on “Festival Pesona Selat Lembeh 2016 | Warna-Warni Pesona Bitung

  • October 14 at 09:16
    Permalink

    Aku ngerasa kalau ada festival seperti ini di Luar Jawa antusias pesertanya malah lebih greget ya hahahaha.

    Reply
    • October 15 at 04:50
      Permalink

      Mungkin karena di Jawa sudah terlalu banyak event? Entahlah, tapi terkadang saya merasa menemukan jiwa Indonesia yang sebenarnya di luar Jawa…

      Reply
  • October 17 at 14:51
    Permalink

    seruuu! pertama kali kenal selat lembeh itu ketika baca divemagz. underwater lembeh konon menyimpan makhluk2 unik, nudibranch dan salvador dali sponge nya yang melegenda. semoga kesampaian diving di lembeh suatu saat nanti.

    Reply
    • October 20 at 06:12
      Permalink

      Iya keren! Pengen balik ke selat Lembeh lagi buat explore lebih jauh, dan lebih dalam, hehehe!

      Reply
  • October 19 at 16:28
    Permalink

    beberapa kali ke blog ini bukan tampilan ini yg kelihatan, sempat ada masalah ya kak ?. Festivalnya meriah sekali keliahatannya. saya yang tinggalnya di sulawesi jadi iri belum bisa kesanakesana

    Reply
    • October 20 at 06:17
      Permalink

      Hiks iya sempat ada masalah server, semoga tak terulang lagi..

      Mari jo torang ke Bitung! Mumpung masih satu pulau, hehehe…

      Reply
  • November 4 at 20:41
    Permalink

    Wuis keren banget festivalnya….. itu event tahunan ya? Jadi pengen kesana nanti pas festival tahun depan

    Reply
  • November 16 at 18:57
    Permalink

    Liat postingan ini…pengen balik lagi menikmati keriuhan festivalnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *