Es Durian 01

ES durian Sakinah mawadah warahmah ini sudah lama menjadi salah satu kuliner andalan kota kembang, kalau tak salah sejak dibuka pada awal 80an. Biasa dikenal juga dengan sebutan es durian Pak Aip, buah durian yang dipakai kedai ini khusus didatangkan dari Bengkulu, Lampung, dan Medan. Bahkan kini mereka menyediakan pula durian monthong (meski saya pribadi lebih menyukai cita rasa durian lokal).

Tiap kunjungan ke Bandung, kami pasti selalu menyempatkan diri icip-icip es durian Sakinah ini. Terletak di sebuah
komplek ruko di kawasan Tubagus Ismail, kedai Sakinah ini tampak menyolok sendiri karena tumpukan buah durian yang memenuhi bagian depan ruko.

Es Durian 02 Es Durian 03

Seperti apakah es durian Sakinah sebenarnya? Gambaran sekilas seperti ini: daging buah durian dalam mangkok, disiram susu/gula putih dan serpihan es batu. Sederhana, tapi memikat. Daging duriannya lembut dan harum, dan tebal. Rasanya manis segar. Menyenangkan. Tak heran teman saya malah senang mengulum duriannya sambil memejamkan mata.

Dalam perkembangannya, terdapat variasi es durian yang bisa dipilih. Misal browny soup yaitu durian yang disiram gula
merah cair dan santan. Double chocolate yaitu durian dengan susu & es krim coklat. Easy breezy yaitu durian monthong tanpa biji dengan susu & gula putih. Masih banyak kombinasi lainnya, meski pilihan saya tetap kembali pada selera asal & original.

Es Durian 04 Es Durian 05

Selain es durian, pak Aip juga punya menu andalan lain yaitu mie ayam. Kabarnya sih mie ayam-nya pun menggoyang lidah, tapi saya malah belum sempat cicip. Next time!

Tapi yang jelas, belum sah rasanya jika ke Bandung belum mencicipi es durian Sakinah. Gimana teman-teman, sah? Saaah!

^^

Es Durian 06
Es Durian Sakinah (Pak Aip)

Jl. Tubagus Ismail Raya No. 5, Bandung
Telp. +62 22 2512626
Buka setiap hari

 

Es Durian Sakinah | Sah? Saaah!
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *